Real Blog

Blog ini menginformasikan tentang kesehatan, internet, lirik lagu, dan info terbaru seputar aceh indonesia.

Cara Kerja Sistem Komputer dan Siklus Kerja Komputer

A. Sistem Komputer
     Suatu perangkat komputer bisa difungsikan harus secara komprehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerjasama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

1. Hardware
     Hardware adalah perangkat fisik komputer yang dapat disentuh, digerakkan atau dipindahkan. Hardware ada 5 macam :
 * Peralatan Masukan (input)
    Contoh peralatan input adalah keyboard, mouse, scanner, joystick, video player dan sebagainya.
 * Peralatan Proses (processing)
    Yang termasuk dalam peralatan proses adalah prosesor, Random Akses Memory, Read      Only   Memory.
 * Peralatan Penyimpanan (memory)
    Yang termasuk dalam peralatan penyimpanan adalah harddisk, floppy disk, compact disk.
 * Peralatan Tambahan (periferal)
    Contoh peralatan tambahan atau periferal adalah modem, sound card, Midi card, TV card.
 * peralatan keluaran (output)
    Sedangkan peralatan output antara lain adalah monitor, speaker, serta printer.

2. Software
    Suatu prosedur pengoperasian dari komputer itu sendiri ataupun berbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Contoh : Sistem Operasi Windows dan Linux, Bahasa Program Pascal dan visual basic, Paket Microsoft Office, dan lain sebagainya.

3. Brainware
    Orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan.
     Jadi, definisi dari Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (Hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.


B. Siklus Kerja Komputer
    Sistem komputer dalam melakukan operasi pengolahan data terdiri dari tiga tahap dasar yaitu pemasukan data (input), pengolahan data ( processing ), dan mengeluarkan hasil (output). Untuk melangkah antara tahap satu ke tahap berikutnya padaperangkat keras yang digunakan (hardware ), harus diperintahkan atau dikendalikan oleh pemakai atau pengguna (brainware), dengan menggunakan operasi atau perintah tertentu berupa perangkat lunak (software ) pada komputer. Tahap pengembangan dari pengolahan data dasar diatas yaitu ditambah dengan perangkat penyimpan data atau informasi (storage devices ), dan dibentuk dengan model siklus pengolahan data (data processing cycle ).

     

Gambar. Siklus Kerja Komputer.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Cara Kerja Sistem Komputer dan Siklus Kerja Komputer"

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://sidoarjorental.blogspot.co.id/

 
Copyright © 2015 Real Blog - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top